Jangan update wordpress 5.0 : 7 hal yang harus dilakukan sebelum update

Jangan update wordpress 5.0 : 7 hal yang harus dilakukan sebelum update

Seperti yang diketahui, WordPress 5.0 download , platform yang sangat terkenal mudah dan gratis untuk digunakan, dan digunakan oleh jutaan orang di dunia, melakukan update pada tanggal 6 Desember 2018. Dimana update ini ( WordPress 5.0 update ) adalah perubahan besar ( major change).

WordPress 5.0 baru saja diluncurkan dengan perubahan besar pada bagian editor ( new post dan page editor) yang dinamakan Gutenberg. Karena ini adalah perubahan besar terhadap wordpress, pastikan kamu harus memiliki checklist yang lengkap sebelum melakukan update ke versi 5.0 sehingga updatemu dapat berjalan dengan lancar.

Apa yang baru di WordPress 5.0 : Gutenberg Editor, Blocks & Default theme yang baru

  • Design baru pada editor post dan pages
    Dengan diperkenalkannya editor baru ( Gutenberg WordPress Editor),  dengan tampilan dan fungsi2x baru, maka editor ini mengganti editor clasic WordPress yang kita kenal selama ini. Ini merubah secara signifikan cara kita melakukan perubahan pada post dan pages di WordPress.
  • Content Blocks
    Selain tampilan editor yang baru, juga diperkenalkan konsep dari Blocks. Dengan blocks, kamu akan lebih fleksibel dalam mengatur bagaimana konten akan ditampilkan. Puluhan blok sudah tersedia secara default, antara lain ( Paragraph, Heading, Quote, Image, Gallery, Cover, Video, Audio, Column, Code, List, Button, dll).
  • Default Theme baru ( Twenty Nineteen)Twenty Nineteen themesWordPress default theme juga mengalami penyegaran dengan diperkenalkannya editor baru. custom style dengan support terhadap blok menjadikan apa yang kamu lihat di editor, akan kamu lihat di website ( WYSIWYG ). wordpress 5.0 theme baru

Cara update ke WordPress 5.0

Bagaimana cara update ke WordPress 5.0 dengan aman ? tidak seperti sebelumnya yang tinggal klik, untuk perubahan besar ini, ada 7 hal yang perlu kamu lakukan sebelum update wordpress 5.0 :

  1. Backup secara lengkap websitemu
    Bukan hanya backup file WordPressmu saja, tetapi juga backup juga wordpress mysql database . Backup ini akan sangat berguna ketika kamu mengalami kegagalan update dan kamu ingin mengembalikan ke versi sebelumnya.
    Untuk backup website yang otomatis dan lengkap, kamu bisa gunakan website backup secara gratis di http://bit.ly/gratisbackupwebsite
  2. Jika memungkinkan, test websitemu di akun yang lain ( staging)
    Hal kedua yang kamu perlu lakukan adalah melakukan testing secara lengkap sebelum update. Copy atau clone websitemu secara lengkap di akun hosting yang lain bila memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, atau websitemu hanya bisa untuk satu domain atau satu database, salah satu tipsnya adalah memakai atau membeli akun hosting baru yang benar benar berbeda untuk testing ini. Tetapi kami sarankan, gunakan saja service gratis dari VPS Gratis WordPress Hosting yang dapat kamu gunakan untuk mencoba websitemu sebelum kamu update.
  3. Pastikan theme yang kamu gunakan sekarang mendukung Gutenberg editor.
    Pastikan bersama tim developermu untuk melakukan pengecekan terhadap ada tidaknya konflik dari theme yang kamu gunakan terhadap struktur blok baru dari wordpress
  4. Pastikan shortcode di post/page tetap berjalan normal
    Jika kamu menggunakan plugin yang memasukan dan menggunakan shortcode di dalam konten di post maupun pages, pastikan plugin tersebut tetap bekerja secara normal di wordpress 5.0
  5. Setelah semua siap, gunakan tombol update di wordpress dashboard untuk mulai update.
    Pastikan koneksimu stabil dan websitemu tidak dalam kondisi ramai pengunjung untuk mulai melakukan update. Selain itu, pastikan juga kondisi hostingmu dalam kondisi prima, karena seperti kita ketahui, jika kamu pakai shared hosting, maka ada kemungkinan websitemu akan terasa lambat bahkan tidak bisa diakses sama sekali, padahal websitemu dalam kondisi sepi pengunjung. Untuk wordpress hosting yang lebih terjaga kecepatan dan keamanannya, kami sih menyarankan websitemu memakai dedicated wordpress hosting , dimana dipastikan satu server atau vps hanya diinstall satu wordpress dan hanya untuk satu pengguna saja.
  6. Lakukan pengecekan satu persatu websitemu secara lengkap
    Pastikan tampilan websitemu tetap normal dan seperti sebelum kamu update. cek secara lengkap mulai dari post maupun pages , bahkan kedalam fungsi seperti form, shortcodes, dsb.
  7. Beritahukan kepada pengguna lain dalam wordpressmu, bagaimana cara menulis post/page di wordpress 5.0
    Karena WordPress 5.0 berbeda dalam cara membuat maupun menyunting artikel, pastikan user yang lain mengetahu dan update terhadap perubahan ini. Lakukan sosialisasi dan trial bagaimana melakukan dan membuat post dan pages di WordPress 5.0

WordPress 5.0 menawarkan banyak fitur baru, dan merupakan perubahan besar dibanding sebelumnya. Pastikan websitemu tetap normal dalam melewati perubahan ini

Leave a Comment





Platform Buat Website Cepat. Abuse Report