Sumber Daya Manusia untuk Business Continuity

Untuk bisa bertahan hingga puluhan tahun kunci yang terpenting adalah sumber daya manusia. People yang ada di dalam bisnis harus selalu siap untuk mengikuti perubahan yang ada dan siap untuk mengahadapi setiap tantangan,

Produk bisa memiliki masanya, tapi manusia adalah manusia paling cepat beradaptasi. Ketika produk yang diciptakan oleh perusahaan sudah tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman, maka manusia, people yang ada dalam tim harus bisa menyesuaikan.

Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Continuity
Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Continuity

Beradaptasi dengan berkembangan dengan meluncurkan produk-produk baru, yang sesuai dengan zaman dan kebutuhan sekarang dan yang akan datang. Maka untuk itu perusahaan mulai dari sekarang harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan sebaik mungkin.

Nah, lalu apa saja yang harus dibutuhkan oleh perusahaan untuk bisnisnya tetap bisa bertahan (Business Continuity) dan mempersiapkan persaingan di era industry 4.0. Simak poin-poin berikut.

Update dengan Teknologi Terbaru

Di zaman kemajuan teknologi internet ini maka SDM yang ada di dalam bisnis harus bisa beradaptasi dengan cepatnya kemajuan teknologi. Perusahaan harus mulai bisa menggunakan teknolgi dalam banyak bidang.

Misalnya untuk melakukan pemasaran produk, perusahaan juga harus mulai menggunakan platform untuk mengakuisisi pelanggan baru. Dan juga mulai menggunakan iklan onlin untuk setiap kegiatan pemasaran.

Entrepreneurship Spirit

Jiwa yang harus dimiliki setiap SDM adalah seperti semangat seorang pengusaha. SDM harus memiliki semangat untuk tidak gampang menyerah ketika menghadapi setiap permasalahan yang ada dalam perusahaan.

Mereka harus berusaha untuk mencari jalan keluar yang terbaik setiap dihadapkan permasalahan. Dan SDM yang baik yang bisa menghadapi era industri 4.0 adalah mereka yang totalitas terhadap apa yang mereka kerjakan.

Open Minded

Mulai untuk berpikiran terbuka, mau menerima setiap kemajuan yang ada. Dan tidak untuk menutup rapat-rapat, menolak kemajuan teknologi dan cara-cara baru dalam berbisnis. Para SDM memang diharapkan untuk membuang ego untuk menolak kemajuan.

Dalam lingkungan internal perusahaan semua orang harus mampu menerima perubahan dan tidak anti growth, harus mau berubah untuk menjadi lebih baik lagi dan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya di era kompetisi bebas ini.

Fleksibilitas tinggi

Sumber Daya Manusia yang ada di dalam perusahaan harus pandai beradaptasi dengan setiap perubahan yang ada. Fleksibilitas menjadi kunci utama bagi para SDM untuk terus bersaing di era kompetisi bebas dan industri 4.0.

Orang yang ada di dalam perusahaan sudah harus tidak kaku lagi dalam menjalankan perusahaan. Karena dinamika bisnis yang selalu berubah-ubah maka perusahaan dan SDM yang ada di dalamnya harus bisa fleksibel untuk mengikuti setiap perkembangan.

Ini Perbedaan Email Bisnis dengan Email Gratis

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *