Kenali Tools Manajemen Bisnis Untuk UMKM

Bekerja di era sekarang menjadi semakin mudah. Beragam tools dan metode tentang manajemen bisnis sudah banyak beredar. Sebagian besar perusahaan di era sekarang sudah menggunakan tools untuk membuat manajemen kerja mereka modern.

Tools adalah sesuatu yang bisa membantu kinerja kita dalam bisnis menjadi lebih baik. Bisa berupa software desktop, aplikasi smartphone dan Saas (software as a service) . Saas ini adalah seperti aplikasi web, jadi jika menggunakan harus mengakses websitenya secara online.

Manajemen Bisnis Lebih Mudah
Manajemen Bisnis Lebih Mudah

Penggunaan tools dipercaya untuk bisa mempercepat kinerja dari perusahaan dan juga membuat business continuity perusahaan menjadi kuat. Perusahaan menjadi sangat efisien dan efektif dalam menjalan proses bisnisnya.

Namun, beragam tools yang ada kadang membuat kita bingung mana yang harus digunakan dalam perusahaan. Untuk UMKM pun tools yang digunakan berbeda dengan kelas perusahaan. Nah kali ini far.id akan memberikan tools rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk mendukung kinerja UMKM.

Pembagian Tugas dan Target dengan Trello atau Asana

Untuk memudahkan tim anda untuk mengetahui target apa yang akan dicapai, jobs disc apa yang harus digunakan. Maka trello dan asana bisa menjadi solusin dalam manajemen bisnis. Salin gratis tools ini juga sudah lengkap.

Anda bisa membagi tugas dengan berdasarkan durasi waktu, tanggal, dan juga siapa saja yang harus menyelesaikan tugas itu. Tools ini ada paket gratis dan berbayar. Untuk tools manjemen bisnis UMKM sudah cukup rasanya dengan menggunakan fitur gratis.

Komunikasi lebih cepat dengan Slack

Selain menggunakan whatsapp atau line untuk berkomunikasi dengan tim. Tools yang lebih cocok untuk kegiatan bisnis adalah slack. Slack merupakan tools komunikasi tim dimana semua tim saling berhung dan bisa berbagi apapun seputar pekerjaan dengan cepat.

Slack juga bisa terintegrasi dengan platform online lainnya seperti Google Drive, Trello, Asana, dan masih banyak lagi. Slack juga gratis dengan fitur standardnya yang mana sudah mencukupi kebutuhan dasar dari komunikasi UMKM.

Google Spreadsheet

Ada cara lain untuk pembagian tugas, untuk menulis laporan keuangan, atau mencatat data-data yang penting. Ini sebenarnya seperti microsoft excel yang sudah sering gunakan. Tapi spreadsheet excel dalam bentuk online.

Dan kelebihannya adalah kita bisa bekolaborasi untuk mengedit file yang sama secara online. Isitlahnya sharing file. Jadi kita bisa mengerjakan sesuatu lebih cepat, dan semua tim dapat mengaksesnya lebih cepat dan dimana pun.

Payroll and HR software

Sudah ada beragam software untuk keperluan internal dalam perusahaan. Seperti software untuk melakukan otomatis pembayaran kepada karyawan secara cepat dan praktis. Dan software untuk bagian human resource seperti perkrutan karyawan baru.

Ada beragam software dalam bidang ini anda bebas untuk memilih, harga pun mulai bervariasai. Anda juga bisa menggunakan versi free dengan beberapa limitasinya. Namun, masih cukup untuk bisnis UMKM anda.

Sekali lagi, beragam tools sangat memberimu kemudahan dalam manajemen bisnis. Gunakan sesuai kebutuhanmu, secara bijak.

10 resiko workvacation untuk digital nomad dan cara menghindarinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *