3 Tips Menciptakan Bisnis yang Berkelanjutan

Tidak ada seorang pun yang mengetahui secara detail tentang kapan bisnis itu akan berhenti, tutup, atau yang paling buruk adalah bangkrut dan merugi. Bisnis yang berkelanjutan masih jadi PR bagi sebagian besar pemilik bisnis. Meski dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan sekarang  mulai bisa untuk memprediksi masa hidup dari sebuah bisnis.

Bisnis Berkelanjutan

Apa indikator dari bisnis yang bisa dikatakan sudah berada di tahap lanjut. Pertama yang pasti dilihat dari umur bisnis tersebut. Bisnis yang berkelanjutan mereka yang telah menjalankan bisnis hingga berumur 10 tahun lebih. Kemudian, dari segi jumlah pelanggan bisnis tersebut yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Membuat Bisnis Anda Bisa Bertahan Hingga Puluhan Tahun
Membuat Bisnis Anda Bisa Bertahan Hingga Puluhan Tahun

Menjalankan bisnis hingga berumur lebih dari 10 tahun memang buka perkara yang mudah. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian saja, bahwa bisnis yang bertahan di tahun ke limanya tercatat hanya mencapai 2 % dari total 100 bisnis yang dibangun secara bersamaan.

Tapi jangan khawatir, untuk bisa membuat bisnismu memiliki umur yang lebih panjang, ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan ketika menjalankan sebuah bisnis. Simak tips berikut.

Berangkat dari Permasalahan Bukan Tren

Salah satu indikator utama bisnis dapat bertahan lebih lama dikarenakan bisnis tersebut berhasil menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Seperti contohnya masalah transportasi untuk berlibur bersama, maka munculnya peluang bisnis untuk menyediakan jasa persewaan bus pariwisata.

Coba lah menyelesaikan permasalahan yang bukan termasuk permasalahan bersifat jangka pendek. Cirinya adalah permasalahan tersebut memberatkan masyarakat sekarang dan masa depan, kerena memang solusi yang tersedia belum ada dan bahkan solusinya mahal jika orang tersebut harus menggunakannya.

Ikuti Perkembangan Jaman

Zaman akan berubah terus menerus mengikuti perkembangan dari teknologi dan ilmu pengetahuan. Maka setiap terjadi perkembangan akan ditemukan sesuatau yang baru yang membuat perubahan dalam masyarakat.

Ketika Anda menjalankan bisnis pada saat itu media sosial belum begitu berkembang. Selang 2 tahun kemudian orang begitu masif untuk menggunakan instagram, maka Anda langsung menyesuaikan dengan membuka beberapa akun resmi di Instagram.

Menjadi Lebih Fleksibel

Poin keempat yang harus Anda perhatikan untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan adalah kemampuan untuk beradaptasi dengna lingkungan dan perkembangan. Anda dan bisnis Anda harus lebih fleksibel dan cepat menyesuaikan.

Bisnis yang Anda jalankan tidak terlalu kaku dan idealis. Mau untuk mengikuti perkembangan zaman. Tim Anda juga harus Anda siapkan untuk bisa fleksibel dengan keadaan dan mau untuk berubah demi kemajuan.

Itu dia tiga poin yang harus Anda perhatikan dalam membuat bisnis Anda yang berkelanjutan. Anda juga bisa memanfaatkan beragam layanan untuk bisnis berkelanjutan. Selamat mencoba.

Pengertian Email Bisnis dan Perbedaanya dengan Email Gratisan
Alasan Kenapa Harus Menggunakan Cloud Backup untuk Keamanan Data

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *