Gutenberg: 11 hal yang membuat kamu harus cari cara update ke wordpress 5.0

Gutenberg: 11 hal yang membuat kamu harus cari cara update ke wordpress 5.0

Seperti yang diketahui, WordPress 5.0 download , platform yang sangat terkenal mudah dan gratis untuk digunakan, dan digunakan oleh jutaan orang di dunia, melakukan update pada tanggal 6 Desember 2018. Dimana update ini diperkenalkan editor baru yang keren dan fungsional  dan membuat proses editing menjadi lebih mudah lagi, yaitu Gutenberg Editor.

WordPress 5.0 yang baru saja diluncurkan juga memperkenalkan theme baru (twenty nineteen), tetapi perubahan besar ada pada bagian editor ( new post dan page editor) yang dinamakan Gutenberg. Dengan diperkenalkannya editor baru ( Gutenberg WordPress Editor),  dengan tampilan dan fungsi2x baru, maka editor ini mengganti editor clasic WordPress yang kita kenal selama ini. Ini merubah secara signifikan cara kita melakukan perubahan pada post dan pages di WordPress.Editor ini memungkinkan pengalaman editing wordpress yang lebih WYSIWYG (what you see is what you get) . Untuk cara update wordpress 5.0 yang aman, maupun 7 hal yang harus diperhatikan sebelum update wordpress 5.0, silahkan klik 7 hal yang harus dilakukan sebelum update wordpress 5.0

Apa itu Gutenberg ?

Gutenberg adalah editor default baru yang diperkenalkan dan menjadi standar pada WordPress 5.0 . Editor ini dinamakan dari seorang penemu mesin cetak pada 500 tahun yang lalu yaitu Johannes Gutenberg . Perubahan besar pada editor WordPress baru ini didasari pada sulitnya melakukan editor pada editor classic WordPress, serta membutuhkan banyak shortcode pada WordPress untuk membuat segala sesuatunya bekerja. Dengan diperkanalkannya Blocks pada editor baru ini, diharapkan akan memudahkan dalam proses layout halaman.

Dengan segala perubahan besar ini, diharapkan membuat layout di WordPress akan semakin mudah dengan adanya blocks yang sudah ada secara default. Block2x ini akan memudahkan dalam proses pembuatan layout dan mendukung penyuntingan halaman secara WYSIWYG ( what you see is what you get). Berikut adalah block yang dapat kamu pakai di WordPress 5.0 :

  1. Live html Blocks
    Kamu dapat langsung menyisipkan sintak html ke dalam halaman website yang sedang kamu edit. Hal ini semakin memudahkan kita karena biasanya kita harus berpindah pindah mode secara manual antara visual editor dan text editor. html-block-gutenberg-editor-terbaik

2. Drag n Drop Images
Sekarang kamu dapat melakukan drag n drop gambar secara langsung dalam visual editor melalui image blocks. Hal ini semakin memudahkanmu untuk melakukan layouting dokumen. drag-and-drop-images-wordpress-5.0 Bukan hanya gambar yang bisa di drag n drop, tetapi juga dapat menambahkan kelas CSS tersendiri dalam blocks tertentu.

3. Recents Blocks

Dengan ditambahkannya beberapa blocks dalam Gutenberg Editor wordpress baru, WordPress menambahkan “Recent Blocks”, dimana kamu dapat menemukan blocks-blocks yang telah dan sering kamu pakai disini.

4. Cover Text Option
PIlihan untuk menambahkan cover text akan dengan mudah kamu temukan di Gutenberg Editor. Kamu akan dapat dengan murah merubah ukuran font, merubah menjadi Drop Cap, maupun merubah warna menyesuaikan dengan color pallete baru di WordPress 5.0

5. Slash Autocomplete

Selain melakukan klik secara manual, untuk menambahkan blocks baru, kamu dapat menggunakan sintak tertentu seperti dalam Slack. Cara ini seharusnya sangat mudah  dan cepat untuk menambahkan blocks baru dan pada akhirnya akan menambah produktivitasmu.

 6. Table of Contents and Anchor Support
Jika kamu menulis konten yang panjang, kamu dapat mengelompokkannya dalam satu table tersendiri. Kamu dapat berpindah secara cepat antar section dalam articlemu melalui clickable links yang mudah.

7. Anchor
Selain itu, juga diperkenalkan fitur yang sangat ditunggu semenjak dahulu yaitu anchor yang sangat membatu untuk menghubungkan dan membuat link secara langsung ke section maupun header yang lain dalam suatu artikel.

8.Word and Block Counts
Terbiasa melihat jumlah kata di bagian bawah editor WordPress lama, sekarang kamu dapat melihat informasi tersebut melalu popup informasi kecil. Kamu dengan mudah dapat melihat jumlah kata, jumlah blocks yang digunakan, berapa total heading, dsb melalui popup informasi tersebut.

9. Pull Quotes Block and New Alignment Options

Kamu tentunya sudah terbiasa dengan blockquote pada wordpress. Sekarang, mereka memperkenalkan Pull Quote, dimana sangat mudah untuk melakukan variasi dan memposisikannya pada blocks. Kamu akan dapat memposisikannya pada align wide, dan juga align full-width seperti gambar diatas.

10. Button
Membuat tombol sederhana menjadi lebih mudah. Sekarang kamu dapat membuat tombol melalui HTML atau melalui shortcode/button pihak ketiga

11. Embed Options
Cara untuk melakukan embed konten media dari luar pada gutenberg editor adalah sangat mudah. Kamu dapat menambahkan konten dari Youtube, Soundcloud, Hulu, Flickr, Imgur, Twitter, Slideshare,Reddit, dan banyak lagi yang lain dengan sangat mudah. Apalagi dengan kombinasi blocks, proses pengelompokan konten menjadi sangat mudah.

Nah, WordPress 5.0 menawarkan pengalaman baru yang kaya dan tentunya sangat menunjang produktivitasmu. Sekarang kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk update ke WordPress 5.0. Tetapi pastikan kamu sudah mengikuti step by step pra proses update wordpress 5.0 seperti di artikel ini.

Leave a Comment





Platform Buat Website Cepat. Abuse Report