4 cara backup iPhone XS, iphone XR, iPhone X, dan iPhone versi sebelumnya

4 cara backup iPhone XS, iphone XR, iPhone X, dan iPhone versi sebelumnya

Apa sih backup itu ?

Backup adalah melakukan proses copy atau membuat duplikat dari data dari perangkat digitalmu, untuk berjaga jaga dari kemungkinan datamu hilang atau rusak. Lakukan backup secara berkala dan simpan pada media yang berbeda

Saat ini, mobile phone adalah perangkat yang paling dekat dengan kehidupan sehari hari kita. Dengan kapasitas yang besar, kemampuan yang tinggi dan canggih, menjadikan di dalam handphonemu memproduksi data-data setiap hari seperti Foto, Kontak. video, catatan, dsb. Apalagi dengan tren travelling, work from remote, dsb, menjadikan data yang ada di mobile devicemu / handphonemu menjadi sangat berharga. Jika handphone hilang atau rusak, tidak terbayangkan berapa besar resiko yang harus dihadapi.

Kenapa backup penting ?

1. Perlindungan pertama sebelum update firmware. Beberapa kasus iPhone gagal update sehingga menyebabkan kamu tidak bisa akses datamu kembali.

2. Melindungi dari data terhapus tidak sengaja. 

3. Mengembalikan data jika terjadi kerusakan/kehilangan

iPhone sudah berevolusi sedemikian jauhnya, dan terakhir iPhone XR/iPhone XS yang dirilis beberapa saat lalu. Tetapi apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara melindungi data di iPhonemu dengan aman? Sehingga sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan, kamu dapat mengembalikan data berharga yang ada di iPhonemu dengan cepat dan tepat. Berikut kami sajikan 4 cara melakukan backup iPhone XR, backup iPhone XS, dan backup iphone versi lainnya dengan mudah dan cepat :

1. Backup manual berdasarkan kebutuhan

Di dalam Apple app-store, terdapat berbagai macam aplikasi yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Kamu tinggal menginstall dan mengkonfigurasikannya sesuai kebutuhan kamu. Keunggulannya, kamu bisa memilih hanya berdasarkan fungsi tertentu saja, misal kamu ingi melakukan backup contacts, maka kamu install aplikasi untuk backup contacts saja.

2. Backup iPhone ke cloud backup otomatis

Cara kedua adalah dengan melakukan backup secara otomatis dari https://far.id yang hasilnya disimpan ke cloud secara aman dan nyaman. Keunggulan lainnya adalah, selain kamu bisa melakukan enkripsi / pengacakan terhadap datamu, sehingga datamu semakin aman karena hanya kamu yang punya aksesnya, tetapi juga dapat melakukan backup kontak, foto, kalender, reminder, bahkan hingga videomu, dan support multi device. Bukan hanya cloud backup untuk mobile saja, cloud backup ini juga dapat membackup PC mu, laptop Windows / Macmu, bahkan melakukan backup Linux servermu. Nah, kecanggihan cloud backup ini berbanding terbalik dengan cara pakainya. Karena penggunaannya sangat mudah, berikut cara backup Iphone dengan mudah :

  • Daftar akun gratis untuk cloud backup disini. Jika kamu ingin mencoba, ada versi gratisnya yang cukup untuk melakukan backup iPhonemu . Setelah daftar, aktifasi akunmu dengan melakukan setup password mu.
  • Setelah itu, kamu download di app-store aplikasi Acronis Cloud Backup, setelah itu login dengan username dan password yang telah kamu buat.
  • Selanjutnya kamu pilih data apa saja yang kamu mau backup ke cloud, kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan sesuai kebutuhanmu.
  • Jika aplikasi memerlukan dan menanyakan permission untuk mengakses datamu, silahkan klik allow.
  • Setelah itu, backup melakukan copy terhadap datamu dan disimpan ke cloud yang aman. Proses akan berjalan dengan cepat di background. Kamu juga dapat melakukan monitoring step ini di cloud backup dashboard.  Setelah proses ini selesai, selamat, datamu sekarang aman dan kamu mempunyai cadangannya di cloud.
  • Jikalau terjadi sesuatu, kamu tinggal melakukan restore dengan mengakses menu access and recovery. Misalkan kamu ingin melakukan restore data kontak yang terhapus, kamu tinggal masuk ke menu ini, dan pilih data apa yang ingin kamu restore, lalu klik Recover. Sangat mudah.

3. Backup melalui iCloud

Apple juga memberikan backup gratis tetapi hanya 5GB per akunnya, dan kamu harus membayar untuk mendapatkan kapasitas lebih.  Proses di iCloud berjalan otomatis secara automated sync, dan ini mempunyai resiko datamu hilang dimana jika kamu melakukan delete secara tidak sengaja, filemu yang ada di iCloud juga akan tersync secara otomatis. Padahal backup diharapkan dan seharusnya dapat mengembalikan datamu yang hilang.

Berikut step by step untuk backup menggunakan iCloud :

  • Apabila kamu sudah connect ke Wifi, tap setting – yourname – lalu tap iCloud .  Jika kamu pengguna iOS 10.2 atau sebelumnya, kamu bisa masuk ke menu Settings, lalu scroll kebawah lalu tap iCLoud.
  • Scroll kebawah, lalu tap iCloud Backup, untuk iOS 10.2 dan sebelumnya, tap Backup.  Pastikan iCloud Backup dalam kondisi aktif.
  • Tap Back Up Now dan tetap terkoneksi ke Wifi sampai process backup selesai.
  • Setelah selesai, kamu bisa mereview hasilnya melalui menu Settings – Your name – iCloud – iCloud Storage – Manage Storage kemudian pilih devicemu. Backup seharusnya akan tampil beserta detail ukuran dan tanggalnya. Untuk iOS 10.2 dan sebelumnya, kamu bisa pilih menu Settings – iCloud – Storage – Manage Storage.

4. Backup melalui iTunes Backup

Kamu juga bisa melindungi datamu melalui iTunes, caranya adalah : 

  • Buka iTunes dan hubungkan iPhonemu ke komputer atau laptopmu.
  • Jika muncul pertanyaan device passcode atau Trust this computer, ikuti step yang ada di layar. 
  • Pilih iPhonemu setelah muncul di Itunes. Jika iPhone tidak muncul di iTunes, kamu bisa ikuti panduan ini.

Dengan 4 cara mudah backup Iphone diatas, diharapkan kamu tidak akan kehilangan data walaupun ada kondisi yang tidak kamu inginkan, misalkan hilang atau rusak

Leave a Comment





Platform Buat Website Cepat. Abuse Report